Selasa, 10 September 2013

Berpikir


Mlam ini sprtix saya tdk bs tdr, sprti mlm2 sblmx,, bbrp pekan ini isi otak saya d sibukan oleh bbrpa hal yg mbingungkan.. entah dr mn mnjelaskanx saya juga bingug ingin memulaix dr mana.. yg psti saya mnemukan suatu masalah ada dlm diri saya.. saya memang sdh lama mnyadari bhwa dlm diri yg saya miliki saya mengalami sdkt hal yg aneh,, tp saya lbh memilih membiarkan dan mengabaikanx mngkn d krnkn saya malas utk brpikir,, tp tdk utk bbrp pekan ini..

Dia bilang saya cuek. Terlalu cuek.
Saya memang wanita cuek, saya tau itu,, tp saya tdk bgtu tau bhwa barometer cuek saya ini sdh memasuki batas yg tdk wajar. Cuek trhdp diri sndri, org sekitar apalagi.. saya merasa tdk mempunyai suatu keharusan utk brsikap care kpda org d sktr saya.

Katanya saya egois.
Saya egois, hanya mementingkan kenyamanan saya saja, dan tidak berpikir panjang, katanya. Iya saya akui itu semua. Memang benar, tak ada yg salah dr kalimat yg dia ucapkan mlm itu. Kalimat itu terucap setiap kali saya mbahas mimpi saya untuk mndaki gunung d pulau jawa. Dia menentangx, tdk prnh setuju & tdk akan pernah setuju dgn hal itu, dia mengkhawatirkan saya, tkt trjdi hal2 yg brk slma saya dlm prjlnan ,, “gmn klo trjdi ap2! Gmn klo kmu jtuh k jurang, meninggal dlm prjlnan sblm smpai puncak” suarax trdengar lirih J dia sangat menyayangi saya.. tp syg, taukah kmu klo org yg yakin akan mimpix sdh siap mnanggung sgla resikox wlaupun nyawa skalipun.. apa bedax mati d gunung dgn mati d jln ketabrak misalx, kepleset d kmr mndi cntohx,, itu hnyalah media atau ragam cara tuhan utk memanggil hambanya pulang dgn cara yg brbeda,, tdk ad yg slh dgn itu, knp kmu mprmslhkn skli apbla aq mati d gunung.. “mati dgn sia2”,, itu yg kerap kali mayoritas org bilang,, mati muda, mati dgn sia2,, prlu kmu kthui syg tdk ad sswtu yg sia2 slma manusia melakukan suatu hal dgn pnuh keikhlasan. “kamu aq izinkan naik gunung hnya bila dgn aq”,, maaf syg apabila aq menolakx,, tolong jgn brpikiran mcm2 tntg ini, slma mendaki aq hnya ingin fokus trhdp aq, tuhan, dan alam,, pastix fokus q akan trbagi k kmu bl kmu ikut mndaki brsama q. Aq prnh blng k kmu kn syg, “aq ingin mndaki gunung d Jawa sblm aq mnikah” .. itu mimpi q syg, hasrat, dan itu smkin mnjadi saat aq mulai mncoba mndaki gnung d kalsel ini, memang tdk bgtu tgi, medanx pun tdk bs d bndingkan tingkat kesusahanx dgn gunung d Jawa. Tp syg, taukah kmu saat pndakian itu aq mndptkn sswtu yg sngt brhrga dan brnilai yg tdk bs aq deskripsikan sdktpun dgn kalimat yg biasa kt gunakan. Aq tdk bs mendiskripsikanx. Sama halx wktu kmu tanya, “ap sih yg kamu cari dgn naik gunung”,, sbnrx syg,, aq tdk tau,, aq tdk mngetahui ap yg aq cari pd saat mendaki,, tp yg bs q pstikan syg,, aq pasti mndptkn hal bernilai itu lg,, hal berharga yg lg2 aq tdk bs deskripsikan, hnya bs d rasakan krna saking indahx mngkn. Maaf aq menolak utk kamu temani naik gunung syg, skli lg tlong jgn brprasangka yg brk pd q, aq hnya ingin mnikmati wktu “aq dgn aq, sblm kita mnjdi kita”.. kmu tdk prnh mngrti akan hal ini, bgtu pula aq yg tdk prnh trima dgn laranganmu. Kt sllu mperdebatkan hal ini J kmu blng aq egois krn hnya memikirkan ap yg aq ingini tnpa mperdulikan bgmn kmu bl aqa tglkn, cemasx kmu nunggu aq pulng, & ktakutan kmu, apkh prsaan q brubah atau msh sama ketika nanti aq pulang.. kmu bilang aq egois syg,, 

kamu tdk prnh memikirkan, memperdulikan prasaan org2 d sktr kmu”.. itu juga klmt yg sering kmu ucap sama aq kn syg,, mngkn aq sdh hapal dgn itu :D.. sedari pdkt bknkh kmu tau aq ini wnta yg sprti ap syg,, aq mmg cuek, egois, dan tdk prduli dgn ap yg org pkirkn,, llu knp skrg tiba2 kmu mnuntut aq utk pduli itu syg??? Why should I care honey?? Kmu tau betul kn syg, aq tdk prnh mnganggap penting hal2 yg selain menyangkut kenyamanan q sndri.. aq benci brsikap baik trhdp org2 yg q anggap ga mutu honey,, aq ga bs mndiamkan org2 yg ky kutu busuk ini merasa menang atas kalimat ga mutux yg d lontarkn pd q,, mmg sdh jd kenikmatan q tersendiri perang argumen & menang atas itu dgn org2 ini honey,, yg q katakan kpda mereka itu benar & kmu pun mengakui itu jd knp kt hrs tkt, knp kt hrs mnghindar utk mberi sdkt tamparan pelajaran bg org2 yg sprti ini.. mnrt q mreka pnts mndptknx spya jd pljrn utk mreka pkirkan nanti sblm brtindak. Itupun klo mreka pnya pikiran :p

belajarlah utk menghargai org” ,, itu nasihat mu yg sdh ribuan kli kmu ucapkn honey? Smpai skrg aq msh tdk bgtu paham tentang mnghargai versi kmu itu mnghrgai dlm bentuk yg bgmn,, bknkh aq sering bilang terima kasih,, sering bilang trima kasih atas wktux,, tp sprtix kmu mnuntut yg lbh dr itu honey,, ungkapan sprti ap aq pun kurang bgtu mngthuix,, prilaku sprti ap yg kmu harapkn utk q lakukan aq sama skli kurng bgtu tau hal2 manis semacam itu..
kamu trllu simple”,, salahkh itu syg? Slhkh bl wanita trllu simple dlm mnyikapi mslh2x?? Sprti yg kmu tau syg, aq ini sdh dpt cobaan yg bgtu brt dlu.. tdk prlu d jabarkn kmu tntu tau bgmn mnderitax aq dl,, llu,, d bndingkan mslh2 q yg skrg, tepatx mslh kita, tntu tdk ad apa2x bl d bndingkan dgn mslh q dlu,, mkx aq brsikap simple,, brikap simple syg bkn brsikap enteng atau menyepelekan,, tolong kmu bedakan itu..

jd cwe itu jgn trllu mandiri” kmu sering bilang itu smbil mengusap rambut q ya honey J kmu tau sndri kn honey aq anti brgantung dgn org lain, aq paling sungkan mnta bantuan org lain slma aq msh bs utk mncoba mlkkn itu sndri.. aq hnya tdk ingin merepotkan mereka2 yg d sktr q ini honey,, terlebih lg aq pling ga mau ng’repotin kmu. meskipun aq tau klo cwo yg bantuanx sering d tolak oleh cwex itu berasa ngga d hargai,, prlu kmu tau honey, aq sm skli ga prnh brniat utk tdk mnghargai kmu :*

& kalimat terakhir yg kmu blng mlm kmrn itu honey, cukup membuat q brpikir keras hingga mnghadiahkan q spasang kantung mata krn kurang tidur .. “Hati kmu itu MATI”... aq tdk mnyangkal itu J ap yg kmu ucap kmrn mlm itu benar.. aq sdh lama mnyadarix hnya saja aq trllu malas utk mnganalisax.. kmu bnr syg, mungkin yg mnyebabkan aq cuek, egois, mentingkan kenyamanan sndri, tdk bs mnghrgai org lain, brsikap trllu simple, mngkn d sbbkn oleh hati yg mati.. Stlh brpikir & brpikir aq mnemukan penyebab atau hal2 yg mlatar blkgi itu syg, kmu tau, aq tmbuh dwsa tnpa figur ayah, aq punya ibu yg sibuk bkerja cari nfkh utk pnddkn q,, beliau sdh ckp sibuk utk itu shingga aq meredam sft manja pd diri q,, mbuangx mngkn lbh tepat bgtu.. aq tdk prnh brtukar pkiran dgn siappun bl ad mslh, aq tdk brani blng pd ibu q bhwa ad tmn yg sering mggnggu q d sklh, aq tdk prnh mnta bntuan beliau utk mnyebrangkan q d jln raya tiap pg mnuju sklh, aq tdk prnh mngadu kpda beliau sprti selayakx anak kecil lainnya. Tdk prnh. Aq tdk prnh mlkkn itu. Itu smua q lkkn sndrian,, sendirian, hnya dgn aq aq dan aq.. tiap mnemukan hal yg abu2 tdk tau ini hitam atau putih, baik atau buruk, benar atau slh,, aq tdk prnh mnanyakn hal2 smcm itu kpda ibu & org2 d sktr q,, aq mncari jwbn itu sndri,, entah itu mbaca pesan moral d buku dongeng kegemaran q, atau brpikir keras sblm tdr, aq sllu mnemukan cara utk mnemukan jwbn itu dgn cara q SENDIRI.. tnpa mnta bntuan kpda org2 d sktr q,, 

Aq trjebak honey, aq jd beranggapan smua bs q lkkn sndri, aq jd tdk bgtu pduli dgn mereka, aq asik dgn aq, dgn cara brpikir q, cara bgmn aq mnylesaikan ini, bgmn aq mnghdpi ini, aq sibuk dgn itu, bagi q itu yg terpenting bahkan lbh pntg drpd prsaan2 org d skliling q,, hati q mati honey sungguh tdk ad kalimat yg lbh mnyedihkan drpd itu..  Akhir2 ini aq brpikir keras mncari solusi bgmn mngatasix honey, aq bingung aq tdk tau hrs bgmn, ini mnyedihkan honey aq tdk mau jd s’onggok daging berjalan yg hnya mnjlnkn rutinitas hidup.. aq brharap hati q ini hanya mati suri,, aq brhrp suatu saat hati q bs sprti hati kalian,, brhrp hati q bs hidup kmbli, bgmn carax aq blm tau honey, aq blm bs mnemukan solusix.. aq tdk bs mmkirkan ini sndri honey, aq tdk snggup mngatasix sendiri sprti yg sdh biasa aq lkkn sdari kcl.. mk, utk prtma klix honey,, mngkn aq butuh bantuan org lain... bantuan dr kamu............ 
Tolong Aku................... :’(